Translate

Selasa, 06 Mei 2014

SOAL PENGANTAR BISNIS

1. Apa yang Saudara fahami tentang PENGANTAR BISNIS ?
2. Apa bila saudara membuat perencanaan Bisnis yang cocok di sekitar Kampus atau di Lingkungan 
    Saudara tempat tinggal, Fungsi-fungsi Manajemen hendaknya di pikirkan, coba jelaskan :
    a. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusianya
    b. Pengelolaan Manajemen Produksinya dan
    c. Pengelolaan Manajemen Pemasaranya.

(Tugas ini sifatnya kelompok yang telah dibentuk, jawab pada kolom coment dibawah ini, dengan mencantukan nama kelompok dan nama anggota kelompok masing2, tiap kelompok membuat contoh bisnis yang berbeda)
   

20 komentar:

  1. Kelompok 1 (Akuntansi C / Semester 2):
    Astri Andriyani
    Cici Melawati
    Enjang Suryana
    Fajar Sandy
    Luthfiyana Nugraha
    Mega Indah Puspita
    1. Menurut kami pengantar bisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang jalan menuju dunia bisnis. Kenapa disebut demikian? Karena pengantar bisnis banyak menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Dalam pengantar bisnis dijelaskan tentang istilah-istilah dunia bisnis, seperti akuisisi, merger, joint venture dan lain-lain. Selain istilah-istilah bisnis pengantar bisnis juga menjelaskan tentang pengertian bisnis, teori-teori bisnis, fungsi bisnis dan lain-lain. Jadi, dapat kami simpulkan pengantar bisnis adalah ilmu yang digunakan sebagai gerbang untuk menuju dunia bisnis yang sebenarnya.
    2. APP (Asosiasi Penjual Pulsa)
    Apakah APP itu? APP adalah asosiasi atau perkumpulan penjual pulsa mahasiswa. Kenapa kami membuka bisnis seperti ini? Yang pertama modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Karena tidak perlu membuat tempat usaha, hanya bermodalkan uang dan handphone saja. Sehingga kami rasa bisnis seperti ini cocok bagi mahasiswa yang memiliki modal tidak terlalu besar selain itu tidak mengganggu jam belajar mahasiswa atau bisa dikatakan bisnis santai.
    a. Bagaimana pengelolaan manajemen SDMnya?
    Sumber daya manusianya kami seleksi terlebih dahulu dengan syarat:
    -memiliki pengalaman dalam berjualan.
    Hal ini tentunya dapat memudahkan dalam proses selanjutnya yakni proses pemasaran.
    -memiliki tempat tinggal yang berbeda dengan sesama anggota APP.
    Hal ini juga bertujuan untuk membuka jangkauan pemasaran yang lebih besar.
    -memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi.
    Contohnya setiap anggota harus bisa mengatur keuangan yang dipegangnya. Lebih bagus lagi jika anggota dapat mebuat pembukuan keuangan.
    -memiliki sifat yang jujur dan dapat dipercaya.
    Hal ini sangat perlu untuk memajukan sebuah kegiatan usaha.
    Untuk proses pengelolaan SDMnya. Para anggota harus memiliki hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya. Karena ini merupakan sebuah asosiasi yang lebih mementingkan kesejahteraan berasama. Sehingga sangat perlu adanya kerja sama antara satu anggota dengan anggota lainnya. Contoh saat seorang anggota saldo pulsanya habis dia bisa mengarahkan konsumennya tersebut untuk membeli pulsa kepada anggota yang lain. Dengan cara seperti ini persaingan tidak akan terjadi justru akan timbul rasa kekeluargaan antara mahasiswa.

    b. Bagaimana pengelolaan manajemen produksinya?
    Dalam APP kami tidak terlalu memfokuskan pada kegiatan produksi. Kami lebih berfokus pada kegiatan pemasaran yakni menjual pulsa. Kegiatan produksi kami hanya sebatas menukar uang dengan saldo pulsa. Kemudian cara pembelian saldo dilakukan secara kolektif. Cara ini bertujuan untuk menghemat biaya transportasi .

    c. Bagaimana pengelolaan manajemen pemasarannya?
    -System pemasaran kami adalah saling bekerja sama antar sesama anggota. Satu anggota harus bisa mempunyai wilayahnya sendiri dalam berjualan. Ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang tentunya orangnya berbeda. Hal ini telah tercantum dalam pengelolaan SDM yang harus memiliki daerah tempat tinggal yang berbeda satu sama lain.
    -untuk memasarkannya anggota tidak perlu susah payah. Cukup memberi tahukan kepada keluarga, teman atau tetangganya bahwa dia berjualan pulsa. Dengan media social pun bisa seperti dengan menggunakan bbm atau fb. Karena kami menghindari adanya tunggakan jangka panjang maka kami hanya melayani secara tunai serta hanya melayani tunggakan dalam jangka waktu pendek itupun hanya berlaku bagi orang orang terdekat saja.
    -untuk penentuan harga, kami menyamaratakan semua harga. ini bertujuan agar setiap anggota mempunyai standar atau keuntungan yang sama namun disesuaikan dengan modal yang mereka tanam.

    BalasHapus
  2. Kelompok 1 :
     Aa Rohiman
     Agistia Rachmawati
     Ainni Amallia
     Dasinah
     Dedi Ruhiyat
     Delis Winingsih
     Fitri Pebriani
     Susanti
    Jurusan : Akuntansi A (semester 2)

    1. Pengantar Bisnis menurut kelompok kami merupakan kegiatan bisnis dapat dirasakan oleh semua orang, dan setiap haripun kita terlibat dalam kegiatan bisnis. Kata bisnis sendiri terdengar dalam keseharian kita, jadi bisnis bisa diartikan menjadi suatu kesibukan atau aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau nilai tambah. Dalam ilmu ekonomi, bisni merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatnkan kesejahteraan rakyat. Melaksanakan teori yang di ajarkan dalam pengantar bisnis memang bukan jaminan sebuah bisnis bisa memperoeh keberhasilan, namun paling tidak pedoman tersebut akan meminimalisir resiko yang di hadapi oleh seorang wirausahawan. Sehingga, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa cepat di ketahui serta di carikan jalan keluarnya.

    2. Kujang Insun Medal
    Kujang insun medal adalah nama tempat usaha yang akan kami buka dan didalamnya terdapat toko buku yang dilengkapi oleh cafe. Walaupun memerlukan banyak modal akan tetapi kami yakin dengan usaha yang akan dirintis sangat dibutuhkan oleh kalangan pelajar dengan tujuan menambah wawasan keilmuan selain itu kami menyediakan tempat istirahat untuk menambah kenyamanan para pengunjung maupun para pembeli.
    A. Pengelolaan manajemen sumber daya manusia
    Tenaga kerja yang dibutuhkan untuk usaha kami, akan diseleksi dengan ketat.
    Kriteria tenaga kerja yang kita butuhkan adalah:
    1. Jujur
    2. Bertanggungjawab
    3. Profesional terhadap pekerjaan
    B. Pengelolaan manejemen produksinnya
     Dalam toko buku
    Kami tidak berfokus pada produksi, kami hanya bergerak di bidang pemasaran dan pelayanan. Agar konsumen puas dengan pelayanan kami.
     Dalam cafe
    Berbada dengan cafe, dalam hal ini tidak hanya fokus pada pemasaran dan pelayanan melainkan kami mengelola di bidang produksi. Karena, mengutamakan kehigienisan dan cita rasa dalam produk makan dan minuman yang tesedia.

    C. Pengelolaan manejemen pemasarannya
    Kami membuka sebuah toko atau gerai di tempat strategis dekat dengan kampus dan sekolah, target pelanggan kami adalah mahasiswa, anak sekolah, dan masyarakat dan masyarakat di sekitar baik dalam maupun luar wilayah tersebut. Dengan cra memperkenalkan menginformasikan melalui internet maupun brosur sehingga toko yang kami rintis tidak asing lagi bagi para pelajar ataupun masyarakat.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kelompok 6 / Akuntansi C (Semester 2)
    Nama Anggota:
    Gina Fauzziah
    Rangga Saputra
    Siti Nur Hoeriah
    Sari Nurjannah
    Yandri Yanuar
    1. Menurut kelompok kami PENGANTAR BISNIS adalah mata kuliah yang mempelajari / membahas segala sesuatu tentang bisnis mulai dari pengertian bisnis, cara memulai bisnis, cara menjalankan / mengelola bisnis yang meliputi manajemen sumber daya manusia (SDM), manajemen produksi, dan manajemen pemasaran serta tantangan dan resiko yang ada dalam dunia bisnis. Dengan adanya mata kuliah pengantar bisnis kami menjadi lebih memahami dunia wirausaha dan termotivasi untuk menjadi seorang pengusaha karena dengan adanya matakuliah pengantar bisnis kami belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis.
    2. Kelompok kami membuat perencanaan bisnis sekitar kampus yaitu memproduksi barang yaitu Hijab Lukis.
    a) Pengelolaan Manajemen sumber daya manusia
    Kami merencanakan pengembangan SDM tersebut antara lain:
    1. Seleksi karyawan
    Kami melakukan seleksi terhadap karyawan sesuai dengan bidangnya. Contohnya di bidang produksi jilbab, kami memilih karyawan yang memiliki keterampilan dan keuletan dalam menjahit dan menyulam. Untuk bagian konsultan, kami memilih orang yang mengerti fashion dan memiliki pemikiran yang sesuai dengan yang kami inginkan. Sehingga tidak merusak tatanan, atau style usaha kami. Di bagian pemasaran kami memilih orang yang dapat berkomunikasi dengan baik di masyarakat. Dapat menyampaikan maksud dan tujuan kami dengan baik pada kelompok masyarakat sehingga tidak terjadi kesalah pahaman tentang makna jilbab itu sendiri.
    2. Pelatihan karyawan
    Karyawan yang telah diseleksi kemudian dilatih dan diberi motivasi tentang apa tujuan kami membuat hijab lukis ini. Sehingga mereka memiliki kesamaan persepsi dan pemikiran. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang membedakan produk kami dengan yang lain.
    3. Sistem Remunerasi yang Seimbang dan Adil
    Pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada saat seleksi. Namun, tidak menutup kemungkinan kami akan memberikan bonus pada karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam bekerja.
    b) Pengelolaan Manajemen Produksi
    Produksi kami lakukan secara terus menerus setiap hari tanpa menunggu adanya pesanan. Hal ini dimaksudkan untuk menambah koleksi model jilbab kami. Tetapi tentu saja dengan memperhitungkan modal yang tersedia dan waktu yang tepat. Dan kami senantiasa menjaga kualitas dengan memilih bahan baku terbaik dan melukisnya dengan teknik yang baik pula sehingga menghasilkan suatu jilbab yang memiliki daya jual tinggi. Bahan baku yang kami gunakan, memang kami dapatkan dari perusahaan lain. Untuk lebih rincinya, proses produksi kami diawali dari tahap desain jilbab. Berbagai desain yang telah dibuat oleh team kreatif dianalisis satu persatu sehingga diperoleh desain yang terbaik dan sesuai dengan kharakteristik perusahaan kami. Setelah memilih dan menetapkan desain, tahap selanjutnya adalah memilih bahan, memilih jilbab paris yang akan dilukis, jenis kain perca yang akan digunakan, iket atau dalaman jilbab dan menyesuaikan warna satu dengan yang lain. Warna yang kami pilih juga tidak terlalu mencolok. Disesuaikan dengan kharakteristik wanita muslim yang anggun dan manis. Setelah memilih bahan, tibalah saatnya tahapan menjahit dan menyulam.
    c) Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
     Strategi Harga
    Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah harga yang disesuaikan dengan bahan produksi, model juga motif yang unik dan tidak pasaran, serta dengan kualitas yang baik.
     Strategi Promosi
    -Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan dan mengikuti pameran-pameran.
    -Setiap pelanggan yang membeli produk hijab lukis lebih dari 3 buah akan mendapatkan buku tutorial hijab. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak konsumen.

    BalasHapus
  5. BISNIS: PAKAIAN
    KELOMPOK 4 (AKUNTANSI C)
    Fitri Hadianti
    Eni Yuliani
    Asep Suhendar
    Danil Suryaman
    Neni Yuliani
    Ridwan Setiawan
    Jawaban:
    1. PENGANTAR BISNIS
    Menurut kami pengantar bisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang tatacara bisnis dan memberikan pengetahuan kepada orang-orang yang akan menjalankan bisnis dan memberikan trik-trik bisnis agar bisnisnya lancar dan mendapat profit yang besar, serta menghindari kerugian.
    2. Pengelolaan manajemen pada bisnis
    A. pengelolaan manajemen SDAM
    manajemen SDM bertugas untuk mengurusi yang berhubungan dengan karyawan, seperti seleksi masuk karyawan, dan pengawasan pekerja.
    Dalam pengelolaan manajemen SDM ini kami mempekerjakan orang-orang diatas usia 17 sampai 40 tahun untuk melakukan pembuatan atau produksi pakaian. Dalam pembagian kerja kami menyeleksi setiap calon karyawan yang akan ditempatkan pada bagian produksi yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.
    Contoh penempatan kerja seperti: dibagian pemotongan dan penggarisan, bagian penjahitan, bagian pemberian kancing pada pakaian.
    B. Pengelolaan manajemen produksi
    Manajemen produksi memimpin pembuatan produk.
    Untuk kegiatan produksi, semua kegiatannya dilakukan di pabrik, adapun pakaian yang kami produksi meliputi pakaian yang sedang trend di masanya.
    C. Pengelolaan manajemen pemasaran
    Manajemen pemasaran bertugas untuk memasarkan barang kepada konsumen.
    Dalam proses pemasaran kami akan memasarkan dengan beberapa cara:
    1. Iklan, kami akan mengiklankannya melalui internet,
    2. Karena di lingkungan kampus fashion merupakan salah satu hal penting, kami akan mempromosikannya langsung kepada mahasiswa dan membuat tempat penjualan di daerah sekitar kampus.
    3. Dan memasarkannya langsung kepada masyarakat di daerah tempat tinggal.


    BalasHapus
  6. Kelompok 1: AKUNTANSI C, SEMESTER II
    Hapsoh Suhaeti.
    Melvy Chistian
    Miftah Aditya
    Meyrika Karwati
    Elza Nurhadiyati

    1. Pengantar bisnis merupakan segala kegiatan yang dilakukan setiap orang untuk mencapai ketentraman hidup dan memenuhi kebutuhan, serta mencari laba sebesar-besarnya. Berdasarkan kata, bisnis berasal dari kata business yang artinya kesibukan yang menghadirkan/menghasilkan keuntungan bagi pelaku bisnis dan pemakai pada bisnis tersebut.
    2. Perencanaan bisnis lingkungan tempat tinggal, dengan mendirikan PPS (perkumpulan pemberdayaan sampah) yang membuat kerajinan tangan daur ulang sampah seperti; sapu lantai dari botol bekas, pot dari botol bekas, lampu hias dari sterofoam bekas minuman, dan masih banyak lagi sampah berguna yang bisa di berdayakan.
    a. Dalam pengelolaan manajeman SDM kami akan merekrut ibu-ibu rumah tangga, anak-anak sekitar lingkungan yang mau belajar tentang kerajinan tangan, dan mau mengembangkan kerajinan tersebut dengan syarat tidak mengganggu tugas pokok ibu-ibu serta anak-anak tersebut. beserta mengajak teman-teman yang mau belajar untuk memberdayakan sampah, di samping itu tujuan kami mendirikan PPS agar dapat mengurangi limbah-limbah sampah yang mengganggu di daerah sekitar serta mengurangi pengangguran.
    b. Untuk pengelolaan dan manajemen produksi dilakukan setiap hari di workshop kami, tujuan di adakan di workshop kami bertujuan untuk dapat membimbing langsung kepada para ibu-ibu, anak-anak, serta para remaja. Dengan ini mereka bisa belajar langsung dari ahlinya. Jika mereka sudah bisa mengerjakannya sendiri maka mereka dapat membawanya ke rumah untuk dikerjakan di rumah, setelah selesai bisa diberikan atau di setor hasil pekerjaan kepada perusahaan kami.
    c. Dalam pengelolaan dan manajemen pemasaran , kami akan menyebarkannya langsung ke masyarakat sekitar, dengan cara mengundang masyarakat untuk datang ke workshop kita, dengan itu secara tidak langsung Getok Tular (dari mulut ke telinga) akan terlaksana dan menjadikan perkumpulan kita semakin di sebar luaskan dan kami juga membuat sistem pemasaran dengan cara online agar pemasaran lebih luas lagi.

    BalasHapus
  7. Kelompok 3 (Akuntansi C / Semester 2) :
    Eka Sri Kurnia
    Ferani Hindayana
    Milda Marliana
    Ridwan Oktaviyana
    Rizky Chaerul Saefullah
    Solehudin Danisman
    Jawaban :
    1. Pengantar bisnis merupakan ilmu yang mengkaji tentang bisnis yang didalamnya terdapat tentang pengertian bisnis yang mencakup fungsi dan tujuan bisnis ,cara berbisnis,istilah dalam bisnis, bentuk dan macam bisnis, tentang perusahaan/organisasi, manajemen(produksi, pemasaran, keuangan, dsb).
    2. Bisnis Kedai Es Krim , karena bisnis ini memang jarang ditemukan dikota ini. Kami berpikir dengan adanya kedai es krim di sekitar kampus maka akan menarik perhatian masyarakat, khususnya kalangan anak muda , tempat yang kami pilihpun cukup strategis.
    a. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia:
    Kami memilih para karyawan yang berpengalaman dalam bidang kuliner, memiliki kreatifitas untuk meningkatkan produksi es krim ini agar semakin menarik baik dari segi rasa, bentuk , dan kualitas. Mampu menerima resiko yang dialami dalam usaha ini, jujur dan terpercaya, dapat merekrut para karyawanb, serta memiliki kemampuan memanajemen dengan baik.
    b. Pengelolaan Manajemen Produksi :
    Kami memproduksi es krim ini ditempat kami sendiri dengan memanfaatkan segala macam kelengkapan peralatan yang kami miliki. Sehingga kami dapat memproduksi es krim ini dalam berbagai macam rasa, bentuk (variasi hiasan yang menarik), dan kualitas yang baik, serta mampu menarik perhatian para pelanggan. Selain itu kami menambahkan fasilitas yang cukup memadai di kedai kami, seperti wifi, karaoke dan dekorasi kedai yang unik dan menarik.
    c. Pengelolaan Manajemen Pemasaran :
    Dengan lokasi strategis saja belum cukup membantu untuk mengembangkan usaha ini, maka dari itu kami mempromosikan bisnis ini melalui brosur,menyiarkannya di radio, memasang iklan secara online maupun offline dimedia cetak lokal serta memberikan bonus hadiah atau diskon, x-baner,both menarik, dan menu yang sudah disediakan, juga menyediakan pemesanan untuk daerah lokal. Selain usaha di kedai sendiri kami juga membuka cabang diwilayah Jawa Barat, seperti Cianjur, Bandung, Bogor, dan Ciamis.

    BalasHapus
  8. Kelompok 2 Akuntansi C Semester 2
    Aditya Triyana
    Deni Fitra
    Ipa Irpani
    Niko Santo
    Siti Fatmawati
    Widya Novianti
    Bisnis: Healthry Cafe

    Jawaban:
    1. pengantar bisnis yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang seluruh kegiatan suatu organisasi dan seluruh unsur-unsur terkait yang berkecimpung dalam perniagaan dan industri atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.
    2. bisnis yang kami jalankan yaitu cafe, yang kami beri nama Healthry Cafe.
    a. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia
    Pengelolaan MSDM adalah suatu cara bagaimana mengatuer hubungan dan peranan tenaga kerja yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat.
    cafe kami memperkerjakan SDM yang handal dan ahli di bidangnya masing-masing sehingga tidak di ragukan lagi, memenuhi usia kerja, melalui tahap seleksi, sudah memiliki pengalaman di bidangnya dengan baik.
    b. pengelolaan manajemen produksi
    manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan yang terkait ketersediaan bahan baku mkaupun bahan jadi yang siap di pasarkan menyangkut bagaimana proses produksi itu berlangsung dengan baik sehingga menghasilkan produk atau layanan yang di minati oleh konsumen.
    Dalam bidang produksi healthry cafe memiliki kepala bidang produksi sebagai pengatur kegiatan produksi, dan memiliki koki yang ahli di bidang produksi baik makanan maupun minuman. adapun hasil produksinya yaitu berbagai jenis makan dan minuman yang memiliki khasiat.
    c. pengelolaan manajemen pemasaran
    manajemen pemasaran adalah menyangkut segala bentuk perencanaan atau target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses pemasaran. penjualan yang meningkatkan dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dar sebuah manajemen pemasaran.
    Proses pemasaran Healtry cafe, selain lokasinya yang strategis karena dekat dengan kampus, healthry cafe juga melakukan berbagai cara pemasaran di antaranya memalui sosial media, brosur, membuat kartu meber, setiap akhir pekan memberikan diskon, dan membuka cabang di kota-kota besar lainnya.

    BalasHapus
  9. Kelompok : 4 (Empat)
    Anggota : Alfian Susanto
    Ajeng Syifa
    Desi Destiani
    Ratna Nurhayati
    Siti Asiroh

    Kelas : Akuntansi B (Semester 2)

    Jawaban

    1. PENGANTAR BISNIS
    Pengantar Bisnis menurut kelompok kami adalah salah satu bagian ilmu yang harus dikenali oleh para calon wirausahawan sebelum mereka masuk ke dunia usaha. Pengetahuan ini menjadi salah satu materi dasar yang diperkenalkan kepada mahasiswa yang akan mendalami tentang dunia bisnis sebelum memulai usaha yang akan dijalaninya.
    Didalam materi pengantar bisnis, seseorang akan diperkenalkan tentang konsep-konsep dasar dalam manajemen. Mengingat salah satu kunci untuk bias menjadi seorang wirausahawan yang sukses adalah memahami tentang konsep manajemen yang baik. Sehingga pada nantinya bisnis yang mereka jalankan bias berjalan dengan tertib, dan memiliki visi serta misi yang jelas dalam prose pengembangannya.Serta dapat menetralisir dan meminimalisir resiko yang terjadi, bagi para wirausahawan dalam menjalankan sebuah usahanya / bisnisnya.

    2. PERENCANAAN BISNIS
    Perencanaan bisnis yang akan dijalankan oleh kami, ditinjau dari peluang yang terdapat di kampus adalah bisnis jasa laundry.Di sekitar kampus pasti terdapat banyak tempat kost.Tidak semua anak kost akan mencuci sendiri pakaiannya dan tidak semua tempat kost menyediakan jasa cuci baju, karena itu usaha laundry bisa menjadi pilihan.

    A. PENGELOLAAN MANAJEMEN SDM
    1. Melakukan Seleksi karyawan
    memilih orang yang terbaik bagi pekerjaan yang bersangkutan dengan criteria :
    • Usia min 17-25 tahun
    • Bertanggung jawab
    • Jujur

    2. Pengaplikasian
    identifikasi persyaratan pekerjaan,menentukan jumlah orang dan kombinasi keterampilan yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan dan menyediakan kesempatan yang sama bagi setiap kandidat terpilih yang mempunyai keahlian di bidang laundry.
    3. Retensi
    memberikan reward bagi orang yang bekerja efektif dan mempertahankan keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja.
    4. Memotivasi
    meningkatkan dan menyiapkan kompetensi karyawan melalui peningkatan knowledge,skill dan abilities dengan memberikan dorongan dan semangat agar lebih giat bekerja supaya mencapai target tertentu.
    5. Pengawasan
    pengamatan dan penilaian perilaku dan sikap yang relevan dengan pekerjaan dan kinerja SDM.
    6. Penyesuaian
    pemeliharaan pemenuhan kebutuhan yang terkait dengan kebijakan SDM perusahaan.

    B. PENGELOLAAN MANAJEMEN PRODUKSI
    Dalam usaha bisnis yang dijalani kelompok kami tidak terfokus pada produksi. Karena usaha bisnis yang kami jalankan hanya mengutamakan pelayanan jasa. Dimana usaha yang kami geluti hanya melakukan jasa laundry dan jasa pengiriman barang.

    C. PENGELOLAAN MANAJEMEN PEMASARAN
    Dalam melakukan pengelolaan manajemen pemasaran, bisnis usaha kami melakukan beberapa alternative dalam memasarkan usaha, diantaranya :
    1. Brosur, spanduk,baligho
    Kami memeberikan brosur atau memasang spanduk/baligho di tempat-tempat yang banyak dilalui aktivitas lalu lalang orang-orang khususnya di tempat penyedia kost.
    2. Pemberian potongan Diskon
    Apabila konsumen akan melakukan jasa kami, dengan berat barang yang akan dilaundry diatas 3 kg, maka mendapat potongan diskon 10 %.
    3. Melakukan Promosi
    Dengan cara pemberian informasi dari mulut ke mulut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas akuntansi B(semester 2)
      Kelompok 5
      Ai Sumiyati
      Baban Suhandinata
      Euis Kusuma Dewi
      Meli Endah Nurohman
      Nia Budiarti
      Sri Lestari
      1. Bisnis merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.
      Seseorang (individu) yang berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut dengan ‘Entrepreneur”.
      Untuk menjalankan kegiatan bisnisnya seorang ‘entrepreneur’ harus mampu mengelola dan mengkombinasikan berbagai macam sumber daya yang dimiliki sehingga mampu berproduksi secara optimal.
      Fungsi dasar Bisnis antara lain meliputi :
      Acquiring of raw material
      Manufactoring of raw material
      Distributing Product to Consumers
      Mencari dan menemukan sumber bahan baku
      Mengolah bahan baku menjadi produk jadi
      Menyalurkan produk jadi ketangan konsumen.
      Konsep Lingkungan Bisnis
      Adalah sekumpulan faktor2 tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya.
      Faktor2 tersebut meliputi lingkungan eksternal yang dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu : Politik, Ekonomi, Sosbud dan teknologi, dan lingkungan industri, serta lingkungan internal yaitu meliputi aspek-aspek dan kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan.
      Peranan bisnis sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat, karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan (needs) keinginan (wants) dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan (customer satisfactions).
      Setiap perusahaan yang berkinerja baik dan mampu memberikan layanan yang memuaskan konsumen maka dipastikan akan memperoleh ‘profit’ atau keuntungan dan usahanya akan terus berkembang dengan pesat ‘going concern’.
      2. Menurut kelompok kami perencanaan bisnis yang paling cocok di lingkungan kampus atau pun rumah yaitu warung makan, karena banyak mahasiswa atau masyarakat yang malas untuk memasak sendiri apalagi jika orang tersebut memiliki kesibukan. Dengan adanya rumah makan akan mempermudah mereka untuk memenuhi kebutuhannya.
      a) Pengelolaan manajemen SDM yang di butuhkan harus memiliki skill atau keterampilan dalam memasak dan memiliki inovasi untuk masakan yang akan di jual.
      b) Pengelolaan manajemen produksinya yang kami lakukan harus di pilih dari bahan-bahan mentah yang berkualitas sampai menjadi suatu produk/makanan yang siap di pasarkan dan kami juga mengutamakan ke higienisan dan cita rasa yang benar-benar enak.
      c) Pengelolaan manajemen pemasaran, sebelumnya kami melakukan sekmentasi pasar setelah itu medapatkan tempat yang strategis. Kami membuka warung tersebut dimana target pemasaran kami yaitu mahasiswa dan masyarakat sekitar. Kami melakukan cara promosi melalui door to door, brosur, spanduk, dan melalui media sosial. Kami menerapkan prinsip harga kaki lima rasa bintang lima.

      Hapus
  10. AKUNTANSI “B” (Semester II/Tingkat I )
    KELOMPOK 6 :
    1. AINUL FITRIYAH
    2. ANDI SUWANDY
    3. EGA NUR HIDAYAH
    4. NINDY ANDIANY
    5. SUCI LESTARI
    JAWABAN :
    1. Pengertian bisnis seperti yang kita ketahui bahwa bisnis merupakan suatu kegiatan atau usaha yang tujuannya adalah untuk mendapatkan profit. Bisnis dapat pula diartikan sebagai kegiatan yang meliputi pertukaran barang, jasa atau yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan maksud untuk memperoleh manfaat dan keuntungan. Bisnis itu bisa diciptakan dalam suatu kegiatan yang di organisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang dimana organisasi tersebut menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan sehari0hari guna mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka. Dimana seorang pembisnis itu sering kali dikatakan orang sibuk karena dilihat dari kata bisnis itu sendiri yang berasal dari bahasa inggris yaitu kata busy yang berarti sibuk, dalam kontek individu, komunitas ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk memgerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
    2. Bisnis yang akan kami jalankan adalah membuat gobang gocezz. Gobang gocezz itu sendiri adalah menyerupai pisang aroma namun didalamnya keju, kenapa kami membuat ini karena di lingkungan kami belum ada yg memproduksi makanan seperti ini.
    a) Dalam pengelolaan manajeman SDM kami akan merekrut ibu-ibu rumah tangga, anak-anak sekitar lingkungan kami yang mungkin putus sekolah atau anak- anak yang kurang beruntung, yang mau belajar untuk berbisnis. Karena bisnis yang akan kami jalankan cukup mudah untuk di jangkau oleh anak-anak apalagi oleh ibu-ibu rumah tangga yang lebih berpengalaman dalam membuat sebuah kreasi makanan.
    b) Kami memproduksi gobang gocezz ini didaerah kami dan kami akan memanfaatkan segala fasilitas yang ada dari mulai perlengkapan membuat gobang goceez smpai tempat. Dalam pembuatan ini kami tidak hnya membuat aroma dengan isi keju saja tpi dengan isi durian, tape, dan lain dengan kulitas yang baik, dan dapat menarik perhatian pemberi atau masyarakan untuk membeli produk yang kami buat.
    c) Proses pemasaran gobang gocezz, selain memilih tempat yang setrategis , kami juga akan melakukan berbagai cara pemasaran seperti membuat brosur, melalui sosial media seperti twitter, facebook, bbm, dan membuka cabang di kota-kota besar lainnya yang juga memiliki tempat yang setrategis.

    BalasHapus
  11. Kelas : Akuntansi B
    Tingkat/Smt : I/2
    Kelompok:
    Irna Ratna Dewi
    M. Agus
    Natal Simanullang
    Utin Thesa
    Windy S
    Yayang Yuliana

    1. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
    Dan pengantar bisnis merupakan suatu pengantar/ pedoman untuk memulai suatu bisnis. Yang di dalamnya terdapat ilmu untuk segala kegiatan berbisnis.
    2. SANITARY PAD YANG SEHAT SERTA BERKUALITAS
    Sekarang banyak wanita yang belum tahu bahaya pembalut biasa yang beredar di pasaran. Maka dari itu kami ingin memperkenalkan produk yang sehat dan berkualitas tanpa adanya efek samping di lingkungan kampus maupun sekitar rumah. Karena bisnis ini sangat berpotensi, tak hanya sehat tetapi juga dapat menghasilkan setiap bulannya. Karena pembalut wanita adalah produk sekali pakai yang setiap bulannya pasti di butuhkan oleh para wanita.
    A. Pengelolaan Manajemen SDM
    Sumber daya manusianya tidak perlu kami seleksi terlebih dahulu, asalkan:
    • Ada kemauan yang sungguh-sungguh pada personalnya.
    • Memiliki kemampuan dalam bidang pengelolaan keuangan.
    • Memiliki sifat yang jujur dan dapat dipercaya.
    • Para anggota harus memiliki hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya. Karena ini merupakan sebuah asosiasi yang lebih mementingkan kesejahteraan berasama. Sehingga sangat perlu adanya kerja sama antara satu anggota dengan anggota lainnya.
    B. Pengelolaan Manajemen Produksi
    Dalam bisnis ini kami tidak terlalu memfokuskan pada kegiatan produksi. Kami lebih berfokus pada kegiatan pemasarannya. Kegiatan produksi dilakukan pada pabrik pusat dengan teknologi canggih dan steril. Proses produksinya tidak jauh dengan pabrik-pabrik pembalut yang lainnya, hanya saja bahan-bahannya lebih aman dan steril. Dan packing-an nya juga lebih terlihat menarik dan elegant.
    C. Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    Dalam pemasaran bisnis ini kami menggunakan sistem MLM (Multi Level Marketing) yaitu bisnis yang menggunakan sistem jaringan, dimana sistem ini saling menguntungkan. Tapi masih banyak orang berparadigma bahwa sistem ini hanya menguntungkan orang yang di atas mereka. Padahal yang di atas kita pun awalnya sama di mulai dari 0. Kesuksesan bisnis ini bergantung pada niat orang tersebut.

    Ada tips sukses berbisnis MLM, yaitu:
    • Berdoa.
    • Sesuaikan modal dengan kemampuan finansial anda.
    • Jangan Memaksa orang lain untuk menjadi downline anda.
    • Jangan Malu bertanya.
    • Perkuat skill anda dalam berpromosi [Belajarlah teknik Internet Marketting].
    • Gunakan Metode Newsletter.
    Metode Newsletter adalah teknik membangun daftar nama yang sangat penting untuk keberhasilan pemasaran jaringan seperti MLM ini. Proses yang terus menerus mengirimkan update pelanggan dan feedback dalam newsletter yang pada akhirnya mendorong pelanggan untuk ikut program ini.
    • Buat Downline anda menghasikan seperti anda.

    syamsaankiya.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Kelompok 7/ Akuntansi C/ Semester 2
    -Evi Suparti
    -Mira Ratna Sari
    -Nazar Maulana
    -Nia Kurniatillah
    -Yogi Sudrajat

    1. Bisnis merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan ide yang dimiliki. Dengan mengembangkan ide yang dimiliki, berarti kita memiliki keberainian untuk berkembang. Bisnis adalah langkah utama untuk berwirausaha. Di zaman era modern ini berbisnis sangat diperlukan sekali. Karena perkembangan penduduk yang luar biasa, kita tidak mungkin hanya berharap untuk bekerja di kantor saja karena kantor tidak mungkin menampung semua manusia produktiv yang ingin bekerja. Oleh karena itu dengan mempelajari pengantar bisnis ini maka kita di harapkan dapat mengetahui apa yang menjadi landasan dalam memulai bisnis.
    2. A. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia
    Perusahaan kami akan memberdayakan anak sendiri dan beberapa pegawai yang direkrut di sekitar lokasi perusahaan yang siap. Lalu akan di tempakan sesuai dengan keahlian . Diantaranya Sekretaris, bendahara, produksi, delivery dan pemasaran.

    B. Pengelolaan Manajemen Produksi
    Strategi Produk
    Produk yang kami tawarkan kepada pembeli adalah Surabi Imut ” CHUAMOET”. Produk tersebut berupa Surabi yang memiliki bermacam-macam rasa. Surabi yang kami tawarkan memiliki rasa yang gurih dan empuk. Kualitas Surabi akan tetap kami jaga. Dengan spesifikasi produk seperti itu, kami menargetkan bahwa Surabi Imut ” CHUAMOET” dapat menjadi santapan yang cocok bagi semua kalangan.
    Produk Surabi ini kami tawarkan dalam suatu wadah yang bersih. Selain itu, kami juga menggunakan bahan-bahan terbaik untuk menjaga kualitas rasa Surabi itu sendiri. Bahan-bahan untuk membuat Surabi Imut ” CHUAMOET” akan kami survei secara periodik untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
    Menu Surabi Imut “CHUAMOET”
    1. Surabi Coklat
    2. Surabi Susu
    3. Surabi Keju
    4. Surabi Kacang
    5. Surabi Pisang
    6. Surabi Telur
    7. Surabi Sosis
    8. Surabi Daging
    9. Surabi Strawberry
    10. Surabi kombinasi 2 rasa
    11. Surabi kombinasi 3 rasa
    12. Surabi kombinasi 4 rasa

    C. Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    Strategi Distribusi dan Penjualan
    Distribusi dan penjualan yang kami lakukan adalah distribusi langsung dimana penjualan produk dilakukan di tempat penjualan Surabi Imut ” CHUAMOET” tanpa perantara. Hal itu untuk menjamin keaslian dan ke-higienis-an produk. Transaksi pembayaran juga dilakukan di tempat.

    Strategi Promosi
    Strategi promosi yang kami lakukan adalah :
    1. Desain dan konsep outlet yang menarik dan eye catching.
    2. Seragam pegawai yang serasi dengan logo dan warna Surabi Imut ” CHUAMOET”.
    3. Pemasangan neon box dan banner di lokasi berjualan.
    4. Logo Surabi Imut ” CHUAMOET” yang menarik dan eye catching disertai tagline “pasti ingin coba lagi…”
    5. Penyebaran brosur dan poster di tempat-tempat strategis seperti kampus, warnet, dan lain-lain
    6. Promosi lewat media internet baik melalui Facebook, Friendster, ataupun milist yang sekarang telah mewabah menjadi sebuah kebutuhan di masyarakat.
    7. Ikut dalam pameran UMKM yang diadakan oleh berbagai dinas.
    8. Memberikan diskon pada pembukaan (launching) Surabi Imut ” CHUAMOET”.
    9. Memberikan voucher khusus untuk acara tertentu di instansi swasta atau umum.
    10. Pemberitahuan kepada masyarakat ketika ada produk baru melalui brosur-brosur dan poster yang menarik.

    BalasHapus

  13. Tugas Pengantar Bisnis
    Akuntansi B Semester 2
    Kelompok I
    Abdul Ghofur
    Ayu Rahayu Ningsih
    Cincin Yumsita
    Rini Oktaviani
    Ruliantika

    1. Pengantar Bisnis
    Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
    Oleh karena itu, Pengantar Bisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar untuk mendapatkan laba yang sebanyak-banyaknya dengan modal yang serendah-rendahnya.

    2. Hal-hal yang dilakukan dalam membuat perencanaan bisnis
    Rencana bisnis dari kelompok kami adalah membuka usaha "WAROENG NGALEUEUT". ini adalah usaha dagang yang menjual bermacam-macam minuman baik minuman dingin maupun hangat.
    A. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia
    Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, individu masyarakat.
    1. Recruitmen atau penerimaan pegawai
    2. Training and Development atau pelatihan dan pengembangan pegawai
    3. Compensation atau upah
    B. Pengelolaan Manajemen Produksi
    1. Perencanaan produksi
    Perencanaan produksi meliputi keputusan-keputusan yang mencakup hal-hal berikut,
    a) Jenis barang yang diproduksi
    b) Jumlah barang yang akan diproduksi
    c) Desain produksi
    d) Bahan baku yang dibutuhkan
    e) Cara pengolahan
    2. Pengendalian produksi
    Pengendalian produksi adalah serangkaian prosedur yang bertujuan agar semua elemen dalam proses produksi bisa terorganisir sehingga memberikan hasil atau produk dengan biaya yang terendah dan waktu tercepat.
    3. Pengawasan produksi
    Pengawasan produksi merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan.
    C. Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    1. Segmentasi Pasar
    2. Menetapkan Target Pasar
    3. Memosisikan Diri
    4. Mengembangkan Produk
    5. Mengembangkan Strategi Pemasaran
    a. Produk
    Konsep ini memperhatikan keinginan dan kemauan dari konsumen.
    b. Harga
    Dalam penentuan harga, harus dipertimbangkan apa tujuan dan pembuatan produk.
    c. Distribusi
    Distribusi merupakan faktor yang sangat penting agar produk dapat sampai pada tangan konsumen yang tepat, sehingga diharapkan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.
    d. Promosi
    Promosi penjualan merupakan bentuk rangsangan yang diciptakan oleh perusahaan kami agar konsumen membeli produk yang kami jual. Promosi ini dilakukan melalui iklan di televisi, radio serta koran atau majalah.

    BalasHapus
  14. KELOMPOK /Akuntansi B/Semester 2
    1. Egi Rizkyanto
    2. Ira Karlina
    3. Keukeu Aprianti .M
    4. Liesdiana Megga
    5. Ulfah Nurul Inayah
    6. Wildan Nurjaman

    1. Pengantar bisnis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang cara-cara dalam membuat suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen demi mendapatkan laba yang maslahah dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen, yaitu:
    Planning (mengindentifikasi peluang)
     Jenis usaha yang akan dibuat, barang/jasa
     Cara memproduksinya
     Cara memasarkannya
    Organizing
     Menyiapkan orang-orang dengan SDM yang berkualitas
     Membuat stuktur organisasi
     Melakukan pembagian kerja
    Actuating
     Bekerja sesuai dengan pekerjaan
    Controlling
     Mengawasi pekerjaan. Apabila terjadi penyimpangan beri nasihat lalu diperbaiki
     Menjaga agar bisnis selalu berkelanjutan

    2. Perencanaan bisnis
    Bisnis yang akan kami jalankan yang cocok di sekitar kampus atau tempat tinggal adalah bisnis membuka usaha makanan sarapan pagi dengan tema sandwich yang menyediakan fasilitasnya dengan menggunakan gerobak keliling namun masih ada di sekitar kampus yang di desain dengan unik, menarik dan anak muda banget. Menu yang akan di sajikan seperti menu sarapan pagi misalnya susu, kopi, teh, sandwich, nasi merah, dan berbagai macam menu sehat lainnya. Dan bisnis ini kami beri nama FUN MORNING. Bisnis ini bertujuan untuk memuaskan setiap pelanggan/masyarakat sekitar kampus. Kami melihat bahwa biasanya anak muda sekarang malas untuk sarapan dan memasak terutama anak muda yang kost di sekitar kampus. Bisnis ini kami kelola bersama.

    A. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
    Mengelola SDM perusahaan pada hakekatnya adalah kegiatan perusahaan dalam mengelola para pegawainya (SDM) mulai dari saat direkrut sampai pegawai memasuki masa pensiun dari perusahaan. Untuk itu hal yang paling utama dari kegiatan ini adalah membuat pola/rancangan pengelolaan SDM, yaitu dimana seluruh aspek/bidang SDM harus dibuat terpadu atau setiap aspek merupakan komponen yang tak terpisahkan. Bisnis yang di sekitar kampus akan kami kelola bersama, dan jika sukses kami akan membuka usaha ini lebih luas lagi. Kami akan mempekerjakan beberapa karyawan melalui seleksi karyawan sesuai kualifikasi yang telah ditetapkan, sudah memiliki pengalaman di bidang yang terkait dengan baik, dan yang paling penting bisa memasak berbagai macam makanan yang enak,sehat,bergizi.

    B. Pengelolaan Manajemen Produksi

    Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen. Kami yang akan mengelola berbagai menu makanan yang sehat dan berkualitas tinggi.

    C. Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran. Faktor yang mempengaruhi jalannya suatu manajemen marketing adalah harga, daerah pemasaran dan kegiatan promosi yang dilakukan. Kami akan langsung melayani palanggan yang membeli di sekitar kampus, bisa juga memesan via telepon atau sms, kami akan langsung mengantarkan pesanan. Selain itu juga promosi akan dilakukan melalui brosur,iklan, internet, dan berbagai social media.

    BalasHapus
  15. JURUSAN : AKUNTANSI – B
    SMT/TINGKAT : II/I
    ANGGOTA :
    • Ai Asri Yulia
    • Cucu Sutrisno
    • Heni Herawati
    • Marini Apriliani
    • Susi Susana
    • Yuliantini


    1. Menurut kelompok kami PENGANTAR BISNIS adalah ilmu yang mempelajari serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan/laba atau bisnis juga bisa dikatakan menyediakan barang dan jasa untuk ke lancaran sistem perekonomian. Pengantar bisnis adalah ilmu yang mencakup segala kegiatan yang berhubungan dengan dunia bisnis, yang meliputi pengertian bisnis, kegiatan bisnis, jenis – jenis bisnis, dan lingkungan bisnis sehingga mahasiswa dapat menerapakan kegiatan bisnis di lingkungan masyarakat.

    2. Menurut kelompok kami, perencanaan bisnis yang cocok disekitar Kampus yaitu kami merencanakan akan membuka kedai yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman (tradisional & modern) untuk Mahasiswa. Yang diberi nama “KEDAI UNYUS”.
    Fungsi-fungsi manajemen yang dipikirkan yaitu :
    1. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia
    Manajemen sumber daya manusia menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya. Pengelolaan manajemen SDM yang diterapkan untuk usaha yang kami lakukan yaitu :
    a. Penetapan pegawai
    b. Pengarahan pegawai
    c. Pemberian upah

    2. Pengelolaan Manajemen Produksi
    Manajemen Produksi yaitu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan /koordinasi kegiatan orang lain. Kegiatan tersebut berguna untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya. Pengelolaan Manajemen Produksi untuk usaha yang kami lakukan, yaitu :
    a. Perencanaan produksi
    b. Jenis barang yang diproduksi
    c. Modal yang diperlukaan
    d. Pemilihan tempat produksi
    e. Jumlah karyawan
    f. Alat-alat produksi

    3. Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai. Pengelolaan manajemen pemasaran untuk usaha yang kami lakukan yaitu :
    a. Produk
    b. Harga
    c. Distribusi
    d. Promosi

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. JURUSAN AKUNTANSI A
    SEMESTER 2/ TINGKAT 1
    1. Ai Nurdini
    2. Anggia Anisa
    3. Rostiamala
    4. Sindi Lidya
    5. Yani Priyanti
    6. Mira puput
    7. Ani Nuraeni
    8. Fitri Dwi Septiani
    9. Egi Novialdi
    10. Adam Lukita Nurcholis


    1. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
    menurut kelompok kami, Pengantar Bisnis adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis yang memperhatikan aspek-aspek manajemen, seperti :
    a. Planning (Perencanaan)
    b. Organizing (Pengorganisasisan)
    c. Actuating (Pelaksanaan)
    d. Controling (Pengawasan)
    2. Disini kami akan mencoba merintis sebuah butik, butik yang kami dirikan bernama "Butik Sopaholic"
    Butik Shopaholic ini adalah konsep butik baru yang dibuka berdasarkan kepada model-model baju, tas, sepatu dan aksesoris wanita lainnya dengan model ala Indonesia dengan beragam ragam suku dan budaya yang indonesia miliki yang tidak kalah indah dan keren, butik ini akan membuat model ala Indonesia yang dapat dipadukan dengan mode-mode masa kini jadi biarpun bertemakan Indonesia tetapi tetap tampil trendi dengan memadukan model Indonesia dengan trend masa kini, jadi kita tetap mengikuti mode-mode zaman sekarang yang sedang trend pada saat ini.
    a.) pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia
    Pengelolaan sumber daya manusia adalah merupakan aspek yang sangat penting dalam proses perintisan bisnis secara umum. Oleh karena itu fungsi-fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara optimal sehingga kebutuhan yang menyangkut tujuan individu, perusahaan, organisasi ataupun kelembagaan dapat tercapai. Disamping itu dengan prosedur pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan kekurangan dan problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, yaitu yang terkait dengan kemampuan daya saing dapat teratasi.
    kita mengrekrut para pegawai dengan sangat ketat karena kami akan menempatkan para pegawai sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang mereka memiliki agar semuanya dapat berjalan dan terorgansiir dengan baik.
    b.) Pengelolaan Manajemen Produksi.
    Proses produksi sering diartikan sebagai aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan nilai masukan (input) menjadi keluaran (output). Secara garis besar, proses produksi adalah kegiatan mengolah masukan (input, sumber daya produksi) dalam proses dengan menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan keluaran (output, barang maupun jasa) yang sesuai dengan ketentuan.
    c.) Pengelolaan manajemen Pemasaran
    Pemasaran (marketing) adalah :suatu proses manajerial dan social dengan mana individu dan kelompok dapat memuaskan kebutuhan mereka melalui pertukaran sesuatu yang bernilai.

    Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah : serangkaian variavel yang dapat di kendalikan dalam melaksanakan aktivitas pemasaran (4 P).

    1. Product (produk)
    2. Price (harga)
    3. Place (Tempat/saluran distribusi)
    4. Promotion (promosi)

    1. Product adalah : segala sesuatu yang di tawarkan dan dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
    2. Price (Harga) adalah : nilai tukar produk yang dinyatakan dalam satuan uang.
    3. Place (distribusi) adalah : perpindahan produk dari produsen ke pemakai industri dan konsumen.
    4. Promotion (Promosi) adalah : serangkain usaha yang dilaksanakan untuk mempengaruhi konsumen agar memilki produk yang dihasilkan.

    BalasHapus
  18. Kelompok 3/Akuntansi A/tingkat 1/semester 2
    anggota kelompok :
    Chahara Gunawan
    Dila Ayuni
    Elis Dini Purwanti
    Indri Lusiani
    Marina Apriliana
    Rahmawan Nugraha
    Rizqi Nur Fitri
    Sovie Noverina
    Widia Rosa

    Jawaban Kelompok Kami
    1. Dalam kamus bahasa Indonesia, Bisnis diartikan sebagai usaha dagang. Usaha komersial didunia perdagangan dan bidang usaha. Bisnis berasal dari Business yaitu Busy (Sibuk), Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan” atau “suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya”. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu system yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society), Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
    2. Kelompok kami memilih usaha Beauty salon.
    Beauty Salon adalah konsep salon kecantikan untuk para wanita. Beuaty salon menawarkan harga yang sangat menggiurkan khusus nya untuk para mahasiswa yang relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30 persennya.Dari segi kualitas, barang-barang yang ada di Beauty Salon ini tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya. tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.

    a. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusianya
    Proses : perencanaan SDM rekuretment-seleksi-sosialisasi dan orientasi-Pelatihan dan pengembangan-penilaian prestasi kerja
    Kami merencanakan bahwa karyawan yang akan menjalankan bisnis salon kecantikan ini memiliki kriteria : cewek, berpenampilan menarik dan bersih, memiliki ketrampilan merias dan make over,dan mampu berkomunikasi dengan baik.Dengan ketentuan gaji awal 1.000.000/bulan dan dapat naik apabila kinerja baik.Pengangkatan SDM diseleksi sesuai ketentuan diatas setelah diterima dilatih dan dilakukan sosialisasi terhadap tugasnya serta diorientasi.
    b. Pengelolaan Manajemen Produksi.
    Proses produksi sering diartikan sebagai aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan nilai masukan (input) menjadi keluaran (output). Secara garis besar, proses produksi adalah kegiatan mengolah masukan (input, sumber daya produksi) dalam proses dengan menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan keluaran (output, barang maupun jasa) yang sesuai dengan ketentuan.
    c. Pengelolaan Manajemen Pemasaranya.
    Promosi dan pemasaran usaha salon bisa di lakukan dengan cara seagai berikut :
    1. Menyebarkan brosur,leaflet dam pamflet.Buatlah alat marketing menarik dan informatif.
    2. Memasang iklan di media cetak.
    3. Memberi potongan harga atau diskon pada awal membuka salon atau pada saat - saat tertentu.
    4. Membuat kartu nama.
    5. Melakukan promosi dari mulut ke mulut. Biasanya wanita suka untuk berkumpul dan mengobrolkan sesuatu yang menarik.Ingat berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

    BalasHapus
  19. KELAS : AKUNTANSI A/Kel. 4
    SEMESTER/TINGKAT : 2/1
    BISNIS :BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO BERKAH
    NAMA KELOMPOK :DEDAH HERDIANI
    INTEN FARHANI
    ISMA NUR ALAMI
    HILMA JAMILAH
    NITA PURNAMA SARI
    ROBBY SALAM
    SEPTIANI PUTRI
    SRI PATMAWATI
    WINA MARLIANA

    1. Yang kami ketahui tentang perngantar bisnis yaitu suatu mata kuliah yang mempelajari tentang suatu kegiatan usaha,bagaimana cara memproduksi barang dan jasa,serta laba dan juga mempelajari bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup.
    2. Hal-hal yang dilakukan dalam membuat perencanaan bisnis kami berencana akan mendirikan sebuah usaha yaitu BISNIS LELE DUMBO BERKAH dimana bisnis ini adalah salah satu peluang usaha yang cukup diperhitungkan saat ini karena kita menjual bahan lele mentah untuk dipasok kepada restoran yang menyediakan makanan khas indonesia ini, termasuk restoran yang berbasis internasional yang tentunya memerlukan pemasok lele setiap harinya dan hal inilah yang mebuat permintaan ikan tersebut semakin tinggi di pasaran.
    a. Pengelolaan manajemen daya manusia
    Manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehinggga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan , karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikolog , sosiologi, dll. Sedangkan unsur sumber daya manusianya adalah manusia.
    Peranan MSDM:
    MSDM mengatur program kepegawaian yang menyakut masalah masalah sebagai berikut:

    • Menetapkan jumlah , kualitas dan penempatan tenaga kerja yang efektif
    • Menetapkan penarikan, seleksi, dan penempatan karyawan
    • Menetapkan program kesejahteraan, pengembangan, promosi, dan pemberhentian.
    • Meramalkan penawaran dan permintaan sumberdaya manusia pada masa yang akan datang.
    • Memperkirakan keadaan perekonomian pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya.
    Ruang lingkup kegiatan MSDM: Proses yang dapat dilakukan oleh manajer personalia meliputi:
     Merancang dan mengorganisasikan pekerjaan serta menglokasikannya kepada karyawan .
     Merencanakan , menarik dan menyeleksi, melatih dan mengembangkan karyawan secara efektif
    b. pengelolaan manajemen produksi
    strategi produk
    strategi produk sendiri kami menyediakan bahan lele mentah yang segar yang tentunya masih hidup tujuannya agar lele tetap segar di tangan konsumen. Lele yang kami tawarkan pun sesuai dengan ukuran besar atau kecilnya sesuai yang diinginkan konsumen yang tentunya juga menjaga kulitas lele tesebut. Kami menargetkan bahwa lele dumbo segar ini cocok untuk para pedagang seperti penjual pecel lele yang tentunya memerlukan pasokan lele segar setiap harinya. Dan yang kami tawarkan bemacam jenis ukuran mulai dari terkecil hingga paling besar sesuai selera konsumen .
    c. Pengelolaan Manajemen Pemasaran
    Dalam pengelolaan dan pemasarnnya sendiri , kami menyebarkan secara langsung maupun tidak langsung kami juga mempromosikan bisnis ini melalui brosur, memasangkan iklan dan kita siarkan juga di radio dan selain itu kami tawarkan juga melalui online dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal lagi produk kita secara luas.

    BalasHapus