Translate

Senin, 22 Februari 2016

Wirausaha Masyarakat Singapore

Sejarah
Sejarah Singapura sarat dengan liku-liku, perubahan, dan kemenangan.
Kisah menakjubkan Singapura menceritakan sebuah desa nelayan sepi yang merubah dirinya menjadi sebuah kota besar pertama di dunia. (Sir Stamford Raffles)

Budaya

Berpadunya berbagai budaya yang kaya di Singapore menjadikan perpaduan yang harmonis, dan sebagai daya tarik terbesar negara ini.

Singapore Management University 
(Singkatan: SMU; Mandarin: 新加坡管理大学; Bahasa Melayu: Universiti Pengurusan Singapura) resmi berdiri pada 12 Januari, 2000, dan memegang posisi unik sebagai universitas swasta pertama di Singapura yang disponsori pemerintah.
Kurikulum SMU dirancang serupa atas kurikulum dari Wharton School of the University of Pennsylvania, sekolah bisnis ternama Amerika Serikat.
SMU saat ini tercatat memiliki mahasiswa sebanyak 3,800 dan terdiri atas empat fakultas, menawarkan lima program gelar sarjana: Fakultas Manajemen; Fakultas Akuntansi; Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial; serta Fakultas Sistem Informasi yang bekerja sama dengan Universitas Carnegie Mellon.


Taman langit
Sands SkyPark, bersiaplah untuk tercengang melihat pemandangan dengn sudut 360 derajat dari dek observasi. Sebagai tamu hotel, Anda dapat menikmati pengalaman luar biasa denganl berenang di kolam renang infinity yang menghadap cakrawala. Menyelam ke dalam kolam sebelum senja dan saksikan pemandangan indah matahari terbenam dari tepi kolam renang, 200 meter di langit.



Cerita Peninggalan bangsa Tionghoa
Chinatown, kota bersejarah di Singapura, adalah perpaduan masa lalu dan masa kini, berisikan toko-toko tradisional dan pasar malam, juga toko-toko modern dan cafe.




Belanja
Dari jajaran butik mewah hingga pasar loak pinggir jalan, nikmati pengalaman berbelanja terbaik di surga belanja Singapura - berapa pun anggaran. Dengan paduan tradisi dan budaya yang beragam menemukan sesuatu yang unik dan klasik.



China Square Central Weekend Flea Market

Sebagai pemain veteran di ajang ini, pasar loak mingguan ini (tiap hari Minggu mulai 11.00-18.00) selalu bisa diandalkan untuk berburu barang antik dan barang koleksi, termasuk rekaman, komik, dan jam tangan. Mata Anda harus jeli untuk mendapatkan barang yang susah dicari dengan harga beberapa dolar saja.



For Flea SakeMungkin inilah pengelola pasar loak di Singapura terbesar yang mengadakan banyak bazar rutin ataupun yang digelar satu kali saja. Hampir semuanya mengusung tema tertentu dan menjajakan baju bekas yang ramah dompet dan koleksi mode sedang trend dari aneka blogshop. Tempat belanja murah di Singapura ini digemari muda-mudi, meski tentu Anda sekeluarga dapat bersenang-senang di sini sambil memilah-milah barang murah.


MAAD
MAAD atau Market of Artist and Designers yang berlangsung setiap bulan, jatuh pada Kamis minggu pertama atau kedua mulai 17.00 sampai tengah malam. Pasar loak ini khusus menjual kreasi orisinal seniman, desainer, dan pengrajin setempat, dengan band dan DJ lokal meracik musik yang menghentak.


Sunday Artists Market

Bazar artistik setiap dua bulan ini menawarkan barang dan layanan-di-tempat dari seniman populer setempat dan usaha-usaha baru. Anda bisa memesan tato henna dan potong rambut, juga membeli koleksi yang hanya dibuat sekali saja oleh merek-merek baru. Suasana di sini terasa menyenangkan, santai, dan personal.


NANA & BIRD

Toko kecil dan sederhana yang didirikan oleh dua sahabat pencinta mode ini terselip di sudut tenang kawasan Tiong Bahru nan semarak, menawarkan pernak-pernik kecil yang menarik serta koleksi fashion wanita yang baru dan unik. Nantikan merk fashion asal Singapura yang menawan seperti Aijek dan Yumumu.
1M Yong Siak Street
shop.nanaandbird.com
MRT Terdekat: Tiong Bahru

SUPERMAMA

Sebagai toko, studio residensi seniman, galeri, dan ruang untuk kabur sejenak dari rutinitas yang menekan, lokasi yang tenteram ini memetik ilham dari interaksi dengan masyarakat dan setia dikunjungi warga setempat. Selain menyediakan banyak oleh-oleh khas Singapura yang didesain cantik dan jenaka, ini juga tempat nongkrong yang keren.
30A Seah Street
www.supermama.sg 
MRT Terdekat: Esplanade


THE GENERAL COMPANY

Temukan aneka produk lokal terpilih karya pengrajin muda yang sedang naik daun – mulai dari aksesori, perhiasan, tas jinjing, dan ransel, bahkan aksesori teknologi dan sarung bantal lucu – di toko kuno yang terletak di atas kedai dan pengolahan biji kopi Chye Seng Huat Hardware.
150A Tyrwhitt Road

www.thegeneralco.sg 
(65) 8444 5589 
MRT Terdekat: Lavender 



Kuliner Kepiting Saus Singapura
Kepiting Saus Singapura menyergap indra perasa Anda dengan rasa saus yang meresap ke dalam daging kepiting goreng yang lezat dan lunak.






PERKENALKAN, INI LAILA LU, PENGUSAHA LOKAL DAN PENDIRI BLOG FASHION KONDANG, ROCK THE TREND. SIMAKLAH "YANG TERBAIK DARI SINGAPURA" MENURUT VERSINYA.



Guru media sosial di waktu siang, blogger di waktu malam, ketenaran yang diraihnya melalui revolusi media digital mewakili generasi ini. Ia mengakui bahwa tumbuh besar di kota yang dinamis dan beragam ini memberinya semua inspirasi yang ia butuhkan. 
Rahasia Singapura yang disimpan rapat-rapat adalah... 
Telok Ayer. Jalan ini saja mampu merangkum Singapura – dengan adanya kuil Tionghoa, Pusat Sejarah India Muslim, sebuah Mesjid (salah satu yang tertua di Singapura), dan sebuah gereja. Sebagian gerai hawker food di Singapura yang tertua ada di salah satu ujung jalan dan stasiun MRT berumur setahun ada di ujung lainnya. Juga terdapat banyak bar dan restoran yang menjual hidangan khas Vietnam, Mediterania, hingga Kanton, dengan banyak kantor dalam ruko-ruko di antaranya. Semua itu ada di dalam SATU jalan!
Lanskap hiburan malam di sini... 
tiada henti menggulirkan pesta. Semua tempat hiburan malam dan bar terbaik berjarak cukup dekat sehingga Anda bisa meloncat dari bar ke bar – di sini, pesta tak perlu berakhir. Rencana perjalanan yang ideal versi saya adalah meneguk minuman pertama di Anti:dote, Fairmont, lalu Bitters & Love, kemudian ditutup dengan berdansa di Zouk. 
Jangan sampai Anda meninggalkan Singapura tanpa... 
berjalan mengitari Marina Bay di waktu malam. Sudah ratusan kali saya mendatangi Marina Bay dan pesonanya tak pernah pudar di mata saya. Rasanya luar biasa padahal saya hanya berdiri dan menikmati suasana di sana. Saksikan pemandangan terbaik dari puncak Marina Bay Sands dan juga dari Helix Bridge.
Komunitas kreatif ... 
tengah berkembang pesat di Singapura. Beberapa desainer terbaik dan paling menjanjikan di Singapura berhimpun di Jalan Besar. 
Desainer lokal itu ... loyal. 
Saya pernah bertanya kepada seorang desainer dalam negeri, mengapa ia tidak mau pindah ke luar negeri. Jawabannya ialah karena bagi mereka, bersumbangsih bagi lanskap desain setempat dan menjadi bagian dari pertumbuhan di sini jauh lebih penting. Brand Singapore favorit saya adalah Reckless Ericka, mereka jago memainkan bentuk dan mungkin juga salah satu label mapan terbaik di Singapura.
Waktu minum teh ... 
bagi saya berarti teh-siu dai (teh dengan susu kental dan sedikit gula). Tak ada yang membuat Anda lebih Singapura selain memesan kopi atau teh ala warga dan berteman dengan paman pembuat kopi. Ada kolega asing saya yang amat bangga dengan kemampuan mereka memesan kopi. Saya biasanya membeli kopi lokal di Ya Kun Kaya Toast atau di kedai kopi sepanjang persimpangan Telok Ayer Street dan Boon Tat Street.

Hidup sehat ... kini menjadi tren. 
Detoks jus saat ini sangat populer di Singapura, begitu juga sanggar yoga dan bersepeda nan keren. Oh, dan bersepeda pada umumnya. Saya naik sepeda ke mana-mana.
http://www.yoursingapore.com

Minggu, 03 Januari 2016

Kewirausaahan dan Industri Kreatif

Bedah Buku bersama Komunitas Wirausaha Muda STIE SAS


Kewirausahaan
Istilah kewirausahaan berasal dari terjemahan “Enterpreneurship”, yang dapat diartikan sebagai “the backbone of economy”, yaitu syaraf pusat perekonomian atau sebagai “tailbone economy”, yaitu pengendali perekonomian suatu bangsa (Suryana, 2001:4). Secara epistemologi, kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat dalam menghadapi tantangan hidup (Suryana, 2001:5). Kewirausahaan merupakan gabungan dari kreativitas, keinovasian, dan keberanian menghadapi resiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru.
Kewirausahaan juga merupakan proses dinamik untuk menciptakan tambahan kemakmuran. Tambahan kemakmuran ini diciptakan oleh individu wirausaha yang menanggung resiko, menghabiskan waktu dan menyediakan berbagai produk barang dan jasa. Hal ini sesuai dengan pendapat Hisrich-Peters yang menyatakan “Entrepreneurship is the process of creating something different with value by devoting the necessary time and effort, assuming the companying financial, psychic, and social risk, and receiving the resulting rewards of monetary and personal satisfaction and independence”, yang artinya kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Jose Carlos Jarillo-Mossi (Mutis, 1995:18) mendefinisikan kewirausahaan sebagai “Seseorang yang merasakan adanya peluang, mengejar peluang-peluang yang sesuai dengan situasi dirinya; dan yang percaya bahwa kesuksesan merupakan suatu hal yang bisa dicapai”.
Sementara Stevenson (Mutis, 1995:21), mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu pola tingkah laku manajerial yang terpadu. Kewirausahaan adalah upaya pemanfaatan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimilikinya. Kewirausahaan berbeda dengan suatu fungsi ekonomi. Kewirausahaan juga lebih dari sekedar kumpulan tingkah laku individu. Selanjutnya, Stevenson mengatakan bahwa pola tingkah laku manajerial yang terpadu tersebut bisa dilihat dalam enam dimensi praktek bisnis, yaitu meliputi:
a.    Orientasi strategis;
b.    Komitmen terhadap peluang yang ada;
c.    Komitmen terhadap sumber daya;
d.    Pengawasan sumber daya;
e.    Konsep manajemen;
f.     Kebijakan balas jasa.
Wirausaha (Entrepreneur) juga merupakan individu yang memiliki pengendalian tertentu terhadap alat-alat produksi dan menghasilkan lebih banyak daripada yang dapat dikonsumsinya atau dijual atau ditukarkan agar memperoleh pendapatan. Entrepreneur juga merupakan ahlinya mengambil resiko dan bagaimana menghasilkan kombinasi baru dengan cara memperkenalkan produk-produk atau proses-proses atau mengantisipasi pasar atau mengkreasikan tipe organisasi baru (Pambudy, 1999:95). 

Higgins (Mutis, 1995:18) mengatakan bahwa “hal utama yang membedakan para wirausaha dengan para manajer adalah terletak pada pendekatan mereka terhadap pemecahan masalah. Para wirausaha bukan hanya memecahkan masalah, melainkan juga mencari peluang. Wirausaha adalah para pengambil risiko.” Wirausaha juga harus mulai dan menata perubahan. Mereka membuat perubahan dalam segala aspek dari fungsi-fungsi organisasi pemasaran, keuangan, operasional, sumber daya manusia, dan informasi. Menurut Drucker (Mutis, 1995:19) “Para wirausaha selalu mencari perubahan, menanggapi masalah tersebut dan menggunakannya sebagai peluang”. 
Industri Kreatif
Industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktifitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industru Budaya (terutama di eropa) atau juga Ekonomi Kreatif. Atau pula Industri Kreatif itu adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan daya cipta individu.
“Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa kreativitas manusia adalah sumberdaya ekonomi utama dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan kreativitas dan inovasi”
Konsep industri kreatif menurut UK DCMS Task Force (1998) di definisikan sebagai : “Creatives Industries as those industries which have their origin in individual creativity, skill & talent and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation intellectual property and content” atau kalau diterjemahkan sebagai berikut : “Industri yang berasal dari pemanfaatan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut”. Sehingga Industri Kreatif dapat didefiniskan sebagai berikut : “Industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeskploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut:
Memperhatikan berbagai hal yang telah diuraikan diatas dapat ditarik benang emas bahwa dari proses berfikir kreatif maka tercipta kreatif dimana industri kreatif adalah industri yang unsur utamanya :
1)    Kreatifitas;
2)    Keahlian dan;
3)    Talenta.
Ketiga unsur tersebut kalau dihubungkan dengan implementasi proses industri kratif akan berhubungan dengan rantai proses penciptaan nilai.

Kamis, 22 Oktober 2015

UNIT KEGIATAN MAHASISWA "WIRAUSAHA"

Unit Kegiatan Mahasiswa Wirausaha Merupakan Kegiatan Mahasiswa STIE Sebelas April Sumedang yang di ikuti oleh Semua Jurusan. Kegiatan UKM WIRAUSAHA ini merupakan bentuk pembentukan karakter mahasiswa untuk mencetak lulusan yang mandiri dan profesional. Dalam kesempatan ini UKM WIRAUSAHA telah melakukan beberapa program kegiatan rutin dan telah mengikuti juga menyelenggarakan kegiatan bersama masyarakat / komunitas di luar STIE Sebelas April Sumedang. Bentuk Kegiatan yang telah menghasilkan prestasi diantaranya Mendapatkan Program Mahasiswa Wirausaha dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. UKM Binaan Dosen ini pula merancang sarjana plus (Selain menjadi sarjana ekonomi) juga akan mendapatkan sertifikat keahlian lain melalui kegiatan wirausaha tersebut.

LABOLATORIUM BISNIS




Minggu, 07 Juni 2015

DINAMIKA DAN PERAN ILMU MANAJEMEN UNTUK MENGHADAPI “ASEAN ECONOMIC COMUNITY” / Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)


Sabtu, 6 Juni 2015 Pasca Sarjana Program Magister Manajem STIE Sebelas April telah malakukan serangkaian dalam rangka meningkatkan dan bertukar fikiran baik itu dunia Akademisi, profesional. Kegiatan ini menghasilkan beberapa rekomendasi yang dihasilkan untuk sebagai pemikiran bersama kepada semua pihak yang berkepentingan.  Kegiatan dimaksud di kemas berupa kegiatan seminar sehari yang bertujuan sebagai : Penyelenggaraan secara rutin aktivitas Konferensi, Seminar, Simposium, Workshop untuk peningkatan kualitas dalam bidang konsepsi, metode, alat analisis untuk disiplin manajemen, Penyelenggaraan rutin aktivitas evaluasi dan pengembangan kurikulum disiplin ilmu manajemen
Dinamika dan Peran Ilmu Manajemen dipandang perlu untuk menghadapi AEC. Dalam  pemaparan seminar tersebut dihasilkan beberapa rangkuman pernyataan dari Ir. H. Eka Setiawan, Dipl, SE, MM (Wakil Bupati Sumedang), Prof. Dr. H Rully Indrawan, M.Si (Guru Besar Ekonomi) dan Dr. Saefudin Zuhdi, MM (Konsultan Manajemen)

MANAJEMEN PENGELOLAAN Aparatur Sipil Negara Tingkat KABUPATEN
Ir. H. Eka Setiawan, Dipl, SE, MM (Wakil Bupati Sumedang) mengemukakan Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Beliau menegaskan salah satu hal utama adalah ASN harus menguasai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Bahkan Dr. Dady Selaku Pimpinan Teknis Kepegawaian telah merencanakan selain peningkatan IT pendidikan Bahasa asing diberikan untuk Aparatur Sipil Negara yang ada di Kabupaten Sumedang. Di samping itu, tupoksi yang ada harus pula dikuasai, termasuk pengelolaan keuangan, akuntansi berbasis aktual. Lakukan team work yang baik dan koordinasi penting. Jangan jalan sendiri-sendiri

Teori Pareto dan pada aspek kehidupan dan Kelembagaan
Dr. Saefudin Zuhdi memaparkan tentang, vilfredo Pareto dengan hukum pareto nya lahir di Italia pada 15 Juli 1848 dengan nama Wilfried Fritz Pareto. Pareto merupakan keturunan Italia – Perancis. Beliau merupakan Seorang insinyur teknik sipil yang pada akhirnya menjadi dosen ekonomi dan manajemen (mulai pada 1885), juga ahli pada bidang sosiologi, ilmu politik dan filsafat. Beliau mencoba menerapkan metode matematika dan fisika pada ilmu sosial. Di bidang ilmu ekonomi Pareto memberikan beberapa kontribusi penting, diantaranya mengenai studi distribusi pendapatan dan dalam analis mengenai pilihan individu. Pareto juga dipandang sebagai orang pertama yang mempopulerkan penggunaan istilah Elit dalam analisis sosial.
Beberapa konsultan strategi manajemen memberikan panduan untuk perusahaan perusahaan meraih kesuksesan dengan memanfaatkan hukum pareto 80 – 20 yang pada awalnya memang kita rasa tidak logis.
Rasio ini menggambarkan secara kasar bahwa mayoritas hasil (digambarkan sebagai 80%, meski tidak selalu tepat segitu), didapatkan dari minoritas upaya (sekitar 20%) yang dilakukan. Rasio ini bisa juga berbentuk distribusi 80-10 atau 80-30. Intinya adalah sebagaian besar akibat dihasilkan oleh sebagian kecil penyebab.
Zuhdi mengatakan, teori ini memang bukanlah suatu hukum yang baku, namun hanya sebagai sebuah kemungkinan teori yang bisa diterapkan untuk efektivitas dan efisiensi. Anehnya, dimana-mana memang akan kita temui prinsip ini seakan-akan sudah merupakan suatu hukum alam.

Antisipasi Kebijakan dan Strategi Menghadapi MEA 2015
Profesor Rully memaparkan bahwa MEA ini laksana sepertihalnya kita melakukan SEAGAMES, dimana semua pihak perlu melakukan latihan dan ujicoba terlebih dahulu. Sekilas MEA  2015 : Masyarakat Ekonomi ASEAN bertujuan untuk membentuk ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, sehingga membuat ASEAN lebih dinamis dan menjadi segmen yang lebih kuat dari rantai pasokan global, MEA  yang akan diberlakukan pada Desember 2015, bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya.
Kondisi Indonesia di tengah anggota ASEAN
KEKUATAN :
1)    Indonesia  dengan  jumlah penduduk  237 juta jiwa, merupakan 40% dari total penduduk di Asia Tenggara. Bagi perusahaan di Indonesia, peluang untuk mengambil pasar yang 60% di luar Indonesia itu sangat terbuka.
2)    Kelas Menengah (middle class) Indonesia yang terus meningkat, dari hanya sebesar 37,7% pada 2003, menjadi 56,6% pada 2010 atau mencapai 134 juta jiwa (Bank Dunia). Total PDB Indonesia terbesar di ASEAN dan ke-16 di dunia  (satu-satunya anggota ASEAN yang menjadi anggota G20)
3)    Debt to GDP Ratio (Rasio Hutang terhadap PDB) Indonesia cukup rendah dibanding negara ASEAN lainnya yaitu 24% (2011), sebagai salah satu indikator membaiknya makro-ekonomi. Sebagai ilustrasi, Debt to GDP Ratio Malaysia mencapai 56%.
4)    Peta usia penduduk Indonesia yang cukup muda, sumber daya alam yang besar dan pasar yang besar mampu mendukung produktivitas nasional (Pulling Factor).
KELEMAHAN :
1)    Walaupun makro ekonomi tumbuh dengan baik, namun mikro ekonomi  dan  sektor ril sulit begerak;
2)    Tingginya ketergantungan pada impor.
3)    Kegiatan ekonomi didominasi oleh UMKM (>90%) dengan regulasi yang kurang berfihak;
4)    Kemiskinan menurun walau kurang seimbang dengan anggaran yang dikeluarakan;
5)    Gini indeks berada pada posisi yang buruk dalam lima puluh tahun terakhir ini;
6)    Kurang lebih 360 jenis produk kita rontok dari saat mulai diberlakukannya ACFTA tahun  2010. Mandegnya sektor ril di dalam negeri, menyebabkan berubahnya struktur pekerjaan masyarakat dari kegiatan produksi ke jasa perdagangan;
PELUANG
1)    Pasar ASEAN sebesar 600 juta, dengan jumlah kelas menengah yang semakin meningkat. Menurut catatan Asian Development Bank (ADB), kelas-menengah ASEAN berjumlah 24% pada 2010 akan meningkat menjadi  65% pada 2030.
2)    Kebijakan makro ekonomi dan kondisi yang kondusif di ASEAN telah meningkatkan peluang masuknya investasi (FDI) dari luar kawasan. Sejak 2007 hingga 2010, investasi yang masuk ke ASEAN dari luar kawasan meningkat sebesar 75% (Sumber: BKPM).
3)    Masih terbukanya perdagangan intra-ASEAN, keadaannya cenderung meningkat, walau porsinya masih relatif kecil (25%).  Sebagai ilustrasi, perdagangan intra NAFTA 50%, sedangkan EU mencapai 70%.
4)    Potensi pengembangan industri nasional dan mendorong Indonesia sebagai production base di kawasan dengan ditopang pasar domestik yang besar, penduduk usia muda/produktif, investasi yang meningkat dan sumber daya alam yang besar.
5)    Total Wisatawan intra-ASEAN dalam setahun mencapai  lebih dari 76 juta (Sumber: WEF 2012).  Posisi Indonesia masih dibawah Malaysia, Thailand, Singapura.
1.    Kebijakan Menghadapi MEA 2015, Potensi  UKM :
1)    Tahun 2014 terdapat 48.997 usaha menengah, 629.418 usaha kecil, dan 55,8 juta unit usaha mikro. Dengan pertumbuhan sebesar 2,41%
2)    UMKM menyumbang 57,94% produk domestik bruto (PDB) atau senilai Rp4.303 triliun. Dan menyerap hingga 110,8 juta tenaga kerja.
3)    Dengan perkiraan sekitar 50 juta UMKM di Indonesia, berarti penambahan 1 tenaga kerja dalam setiap unit saja sudah berarti sekitar 50 juta lapangan kerja baru.
4)    Baru sekitar 20% UMKM yang mengakses pembiayaan, selebihnya mengandalkan pinjaman individu dan rentenir.
MASALAH PENGEMBANGAN UMKM :
1)    Persaingan yang makin tajam, termasuk dalam memperoleh sumber daya usaha;
2)    Menjaga dan meningkatkan daya saing UMKM sebagai industri kreatif  dan inovatif, masih menghadapi tantangan struktural;
3)    Meningkatkan standar, desain dan kualitas produk agar sesuai ketentuan ASEAN (Misal ISO-26000) kerap masih kendala internal dan eksternal;
4)    Mutu pendidikan yang belum menopang lahirnya entrepreueur yang tangguh;
5)    Skim pembiayaan  dan regulasi pada umumnya belum berpihak;
6)    Masih tingginya suku bunga, biaya infra struktur, dan birokrasi.
PARADOKS KEBIJAKAN :
99,97% pelaku usaha nasional; 97% penyerapan tenaga kerja nasional; 60% penyumbang PDB; Katup pengaman saat krisis ekonomi. Yang perlu diperhatikan : Pembiayaan, Perijinan, Infrastruktur, Pasar, Akses Informasi.
Ø  Data The Global Competitiveness Report 2013-2014 menyebutkan,  faktor yang paling bermasalah untuk melakukan bisnis di Indonesia adalah korupsi, birokrasi pemerintah yang tidak efisien dan lemahnya infrastruktur.
Ø  Faktor negatif  lainnya Indonesia, adalah  berupa penyuapan (urutan 106) dan penjaminan keamanan bagi masyarakat (urutan 104).
·         Social Entrepreunership adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial dan menggunakan kemampuan Entreprenuership untuk melakukan perubahan sosial (social change), terutama meliputi bidang kesejahteraan (welfare), pendidikan, dan kesehatan (healtcare).
Strategi Bisnis Menghadapi MEA 2015 :
1)    Koperasi dapat berperan sebagai aggregator melalui  kesepakatan bisnis bersama untuk  menawarkan produknya dari sentra-sentra produksi yang dibentuk oleh anggotanya kepada pada target pasar di sentra konsumen yang sudah link dengan komunitas bisnis aggregator, dengan pendekatan B2C, B2B maupun B2G
Ø  Sunkist grower di  California. Ke dalam koperasi merupakan kerjasama di antara petani kecil yang mengalami kesulitan pasar. Tapi mereka bekerja di pasar bebas dan berhasil menjadi sebuah koperasi multi-nasional yang produknya dikenal akrab di Indonsia.
Ø  Monragon Corporation, Spanyol,   adalah koperasi pekerja yang berkembang di propinsi Basque dengan latar belakang gereja Katholik yang kuat. Dengan kerjasama internal yang kuat, koperasi ini berkembang menjadi perusahaan multinasional yang cabangnya beroperasi di AS dan Cina.
Ø  Koperasi Associate Press yang beranggotakan 1500 perusahaan surat kabar harian di AS dengan 263 cabang di 97 negara di dunia,
Ø  Koperasi Zen Noh di Jepang dengan omzet   US4 63.449 milyar yang melayani 3.000 rumah tangga petani di Jepang saja.
2)    Blue Ocean Strategy :
Kreativitas, Keunikan, Komunikasi, Kepercayaan, dapat menghasilkan VALUE INNOVATION
3)    Relationship Marketing Strategy
Relationship Marketing, proses penciptaan, pemeliharaan dan penguatan hubungan yang kuat dan penuh nilai dengan pelanggan dan pemercaya lainnya. Relationship marketing tidak saja hubungan pemasaran yang terjalin antara perusahaan dan pelanggannya tapi juga terhadap pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan perusahaan terkait dengan bisnis perusahaan antar pemasok (supplier), agen, mitra dan sebagainya, Kotler (2003)

Rekomendasi selama melakukan diskusi ini akan memberikan kontribesar terhadap Dinamika dan Ilmu Manajemen, sebagai daya ungkit menuju peningkatan antisipasi kesejahteraan masyarakat.